Cara Modifikasi Vixion Lama Menjadi Lebih Ringan Dan Kencang
Cara Modifikasi Vixion Lama Menjadi Lebih Ringan Dan Kencang- Hai para bikers
khusunya para pengguna vixion. Karena ane juga pengguna vixion, ane
kasih tips ni agar vixion kalian bisa mengeluarkan tenaga maksimal.
Yamaha vixion beberapa tahun terakhir memang merajai di kelas sport 150
cc. Motor yang dibekali dengan mesin injeksi ini mampu mengeluarkan
tenaga 11,1 kw pada putaran 8500 rpm . Bagi kalangan pengguna vixion
terutama yang suka modifikasi, masih saja ingin mengupgrade mesinya agar
mempunyai power yang lebih dibanding standarnya. Beberapa cara mulai
dari bore up, kepras kepala silinder, ganti conecting rod dan lainyapun
dilakukan. Namun untuk melakukan hal itu tentu tidak membutuhkan biaya
yang sedikit. Nah bagi anda yang ingin vixionya mempunyai tenaga yang
maksimal namun tidak mengeluarkan budget yang tidak begitu banyak,
berikut saya sampaikan modifikasi ringan agar tenaga vixion jadi
maksimal.
yamaha vixion |
1. Ganti Busi Iridium
Busi sangat vital peranya dalam proses pembakaran. Pembakaran yang
sempurna salah satunya dipengarui oleh kualitas dari percikan bunga api
busi. Busi iridium dianggap mampu mengeluarkan api yang besar serta
lebih fokus. Selain itu busi ini juga tahan terhadap suhu tinggi.
2. Stel CO
Menyetel CO sama halnya menyetel perbandingan campuran bahan pada
karburator. Untuk melakukan penyetelan CO dilakukan di beres yamaha,
karena harus menggunakan peralatan bernama FI Diagnostic Tool. Untuk
mesin yang sudah di modif, biasanya distel antara +10 hingga +20. Dengan
penyetelan CO diharapkan mampu menyuplay kebutuhan bahan bakar yang
diperlukan.
3. Ganti Per kopling
Kopling adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk memutus dan
menghubungkan antara putaran mesin dengan transmisi. Kehilangan tenaga
(lost power) pada kopling biasanya disebabkan lemahnya per kopling.
Dengan mengganti per koling yang lebih kuat maka diharapkan tenaga yang
dihasilkan mesin akan ditransfer ke transmisi 100%.
4. Menggunakan knalpot free flow
Dengan mengganti knalpot standar dengan knalpt free flow diharpkan mampu
menigkatkan performa vixion. Knalpot R9, AHRS, TDR adalah pilihan tepat
untuk mengganti knalpot standar. Dengan knalpot tersebut maka aliran
gas buang akan langsung keluar sehingga lebih leluasa.
5. Menggunakan bahan bakar beroktan tinggi
Karena vixion ini memiliki perbandingan kompresi lebih dari 10 maka
kurang bijak rasanya jika masih dikasi bahan bakar premium. Pertamax
adalah pilihan yang tepat agar tenaga si vixi lebih optimal. Bahan bakar
yang beroktan rendah kurang tahan terhadap tekanan kompresi. Oleh
karena itu kendaraan yang mempunyai perbandingan kompresi yang tinggi
seperti vixion dibutuhkan bahan bakar yang mampu bertahan terhadap
tekanan kompresi.
Sekian dulu deh modifikasi ringan yang bisa dilakukan pada vixion agar
tenaga maksimal. Nantikan juga tips modifikasi lainya hanya di id sports infomasi seputar sport
0 komentar:
Posting Komentar